News Published 03 November 2014
 
 
 
Intro

Didalam Artikel ini akan dijelaskan mengenai sistem kerja Printer Laserjet yang diuraikan secara garis besar agar mudah dimengerti oleh pembaca, Artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca sebagai gambaran umum dan pedoman jika terjadi masalah pada Printer dan Cartridge Laserjet.


Bagian paling utama dari Printer Laserjet adalah Logic board (Control Circuit) yang berfungsi untuk menerima data dari komputer dan menerjemahkannya untuk diproses menjadi sebuah matriks yang selanjutnya akan memberi perintah pada bagian-bagian lain pada Printer.


Pencetakan

Ketika Logic board memberi perintah kepada bagian-bagian printer, maka yang pertama melakukan proses kerja adalah bagian paper tray(paper hopper & paper roller)  yang berfungsi untuk menarik kertas yang akan masuk kedalam printer untuk memulai proses pencetakan, dalam waktu bersamaan bagian Corona wire atau biasa disebut Primary Charge Roller akan memberi muatan listrik statis negatif pada lapisan OPC Drum yang sedang berputar, selanjutnya untuk bagian lapisan OPC Drum yang sudah diberi muatan listrik negatif akan memulai proses scanning yaitu berupa penembakan sinar laser pada lapisan OPC Drum dan untuk lapisan OPC Drum yang terkena proses scanning akan menjadi bermuatan listrik statis positif, setelah itu lapisan OPC Drum yang bermuatan listrik statis positif akan menarik serbuk toner yang sebelumnya sudah menempel pada bagian developer/Magnet Roller sehingga lapisan OPC Drum bermuatan listrik statis Positif tersebut menjadi lapisan toner yang akan ditempelkan pada kertas yang melalui proses pencetakan.


Finishing

Setelah proses pencetakan toner dari lapisan OPC Drum, maka kertas tersebut akan masuk kebagian fuser untuk memulai proses pemanasan agar toner yang menempel pada kertas tersebut menjadi kuat dan Proses pencetakan pun telah selesai dimana hasil cetak akan keluar pada bagian output tray. namun sebelumnya harus diketahui juga pada saat proses pemanasan ini berlangsung ada bagian lain yang sedang melakukan proses seperti wiper blade yang berfungsi untuk menghapus sisa toner yang masih menempel pada bagian lapisan OPC Drum setelah proses penempelan toner pada kertas dan juga bagian Discharge Lamp yang berfungsi untuk menetralkan muatan listrik statis pada lapisan OPC Drum.


Sekian Artikel Mengenali Sistem Kerja Printer Laserjet yang diuraikan secara garis besar. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca.

 

Artikel Memilih Printer Laserjet